Beranda | Artikel
Kiat-Kiat dalam Menjaga Waktu (Syaikh Akram bin Muhammad Alu Ziyadah)
Selasa, 11 Agustus 2015

Bersama Pemateri :
Syaikh Akram bin Muhammad Alu Ziyadah

Ceramah agama Islam oleh: Syaikh Akram bin Muhammad Alu Ziyadah
Penerjemah: Ustadz Askar Wardhana, Lc.

NB: Mohon maaf, terjadi gangguan teknis pada sesi tanya-jawab, sehingga suara penelepon tidak dapat terekam.

Rekaman video: Syaikh Akram bin Muhammad Alu Ziyadah – Kiat-Kiat dalam Menjaga Waktu

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kiat-Kiat dalam Menjaga Waktu

Dalam pertemuan ini, beliau (Asy-Syaikh Akram Ziyadah) akan menyampaikan ayat-ayat Al-Qur’an, hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan atsar dari para salafush shalih dalam memanfaatkan waktu mereka. Beberapa hal penting dalam memanfaatkan waktu kita, yaitu mulai setelah bangun, membaca doa bangun tidur, kemudian berdzikir. Kemudian ketika mendengar adzan, maka menjawab adzan sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin, keudian berdzikir (dzikir pagi).

Kemudian ketika kita masuk ke dalam masjid, maka kita melaksanakan shalat tahiyatul masjid 2 raka’at. Dan ketika dikumandangkan iqamah, maka kita pun mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh muadzin, karena iqamah adalah seperti adzan.

Kemudian setelah itu, kita melaksanakan shalat berjamaah, shalat Subuh. Kemudian kita duduk, berdzikir, bisa sambil membaca Al-Qur’an hingga terbitnya matahari, kemudian ketika setelah terbit matahari, maka kita melaksanakan shalat 2 raka’at, yang mana pahalanya adalah sangat besar, yaitu kita akan mendapatkan pahala haji yang sempurna. Kemudian setelah itu, kita bisa memperbanyak dzikir.

Dan ketika masuk waktu Dhuha, maka kita bisa melaksanakan shalat Dhuha, yaitu ketika anak unta mulai kepanasan, yaitu waktu yang terbaik adalah jam 9.30 sampai 10 pagi. Setelah seseorang melaksanakan shalat Dhuha, maka di mana saja dia berada, aktivitas apa saja yang dia lakukan, maka senantiasa hatinya adalah menunggu datangnya shalat Dzuhur.

Ketika waktu Dzuhur sudah mendekat, maka segeralah kita bersiap-siap untuk melaksanakan shalat Dzuhur tanpa kita menunggu adzan. Tidak harus kita mendengar adzan, baru kita siap-siap, namun sebelumnya kita telah bersiap-siap untuk melaksanakan shalat Dzuhur sebelum adzan. Kemudian ketika kita mendengar adzan Dzuhur, maka sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya ketika shalat Subuh, maka kita menjawab seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Dan setelah kita menjawab adzan, maka kita bershalawat dan membaca doa setelah adzan, yaitu meminta fadhilah dan washilah bagi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, maka kita akan mendapatkan syafa’at beliau. Kemudian setelah itu, kita akan melaksanakan shalat Dzuhur 4 raka’at. Namun sebelum kita melaksanakan shalat Dzuhur, maka disunnahkan bagi kita untuk melaksanakan shalat rawatib, yaitu bagi shalat Dzuhur bisa melaksanakan 4 raka’at sebelum Dzuhur dan 4 rakaat setelahnya, di mana di dalam hadits Ummu Habibah radhiyallahu ‘anhu disebutkan tentang keutamaan shalat tersebut, yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من صلى أربع ركعات قبل الظهر ، وأربعا بعدها حرمه الله على النار

“Barangsiapa yang shalat 4 raka’at sebelum shalat Dzuhur dan 4 raka’at sesudahnya, maka diharamkan dirinya atas neraka.”

Maka cara melaksanakannya adalah sebagaimana yang disebutkan oleh hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

صلاة الليل والنهار مثنى مثنى

“Shalat di malam hari dan siang hari adalah 2 raka’at-2 raka’at.”

Mari simak dan download ceramah agama Islam ini sekarang juga dan bagikan kepada saudara-saudara Muslimin lainnya.

Download Ceramah Agama: Syaikh Akram bin Muhammad Alu Ziyadah – Kiat-Kiat dalam Menjaga Waktu

Jangan lupa untuk membagikan tautan ini ke akun media sosial Anda, baik Facebook, Twitter, maupun Google+. Semoga semakin banyak Muslimin yang dapat memperoleh manfaat darinya, di mana Anda sebagai perantara kebaikannya.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15568-kiat-kiat-dalam-menjaga-waktu-syaikh-akram-bin-muhammad-alu-ziyadah/